Home > Zero Ground > It’s never too late to say sorry.

It’s never too late to say sorry.

You know, I know

Hai, kamu tahulah yang akan saya tulis. Bukankah ini yang akan ditulis, dikatakan, dan dilakukan kebanyakan orang ketika (setelah) Idul Fitri? Iya, saya minta maaf, iya, saya maafkan kamu, iya, ini bukan basa-basi, iya ini dari lubuk hati yang terdalam, iya, saya juga tahu kita tidak saling kenal, iya, saya tahu mungkin saya tidak pernah salah sama kamu, iya, kamu bisa berhenti membaca serangkaian kata iya ini.

Be Serious!

Biarpun begitu, biarlah saya dengan segenap karakter yang pernah saya ciptakan dengan rendah hati mengucapkan,”SELAMAT IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR BATIN”.

Please! Don’t ask me about my religion.

Saya tidak ingin membahas mengenai pertikaian antar agama yang terjadi di luar sana. Karena ketika kita membicarakan mengenai keburukan suatu agama, kita sedang membicarakan umatnya, bukan agamanya. Umat tidak mencerminkan agama yang dipeluknya? Ini jawaban yang sangat sulit, yang saya tahu, kebencian dan kemarahan adalah sifat dasar manusia. Kebencian ini menyebar, menggerogoti tiap micrometer hati manusia. Saya tidak mau berkomentar mengenai pembakaran kitab suci, tapi saya ingin melihat dari segi lain. Kebencian dan kemarahan adalah hal yang unik. Di satu sisi, kemarahan dan kebencian memberikan kekuatan bagi manusia, di sisi lain juga membakar habis apa yang kita sebut sisi manusia kita. Ketika semua itu terbakar, apa yang tersisa dari manusia yang tidak memiliki sisi kemanusiaan? Saya tidak tahu, yang saya tahu pertikaian, peperangan hanya membawa kesedihan, kemarahan dan semakin banyak kebencian.

ttd

furiku88

Categories: Zero Ground Tags: , , ,
  1. September 17, 2010 at 9:12 pm

    the same-the same yow, forgive me too…

    not to ask the religion, know it yet 🙂

    • September 20, 2010 at 11:26 am

      Maybe you know, maybe you don’t

  2. September 17, 2010 at 9:43 pm

    Gambarnya ini yang dibuat kartu lebaran jaman hm dulu kan ya?

  3. September 20, 2010 at 9:00 am

    yoo .mohon maap lahir batin juga bang dikki .. -> (sok kenal sekali maen panggil panggil bang aja)

    • September 20, 2010 at 11:27 am

      Oh, mohon maaf lahir batin juga Neng Runrun.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

