Home > ArtWorks, Knowledge Sharing > Manga Quick Drawing

Manga Quick Drawing

Hari ini saya membuat sebuah tutorial. Mungkin juga bukan tutorial, hanya ingin menguji apa yang bisa saya buat dalam waktu kurang dari 4 jam. Akhirnya saya bisa membuat satu karakter tapi dengan banyak terdistraksi oleh hal tidak penting misalnya minuman Jus, dan TV. Akhirnya waktu 4 jam hanya saya gunakan secara bersih 2,5 jam.

Less than 1 hour

Less than 4 (2,5) hours

Sebenarnya ini seperti live twit tetapi dalam menggambar. Saya menggunakan mouse dan laptop dengan software macromedia freehand dan photoshop. Saya tidak menggunakan sketsa di kertas atau lainnya.

Am I Good Enough?

Oke, sebenarnya saya mendapat ide ini sewaktu kampus saya mengadakan lomba desain grafis dimana tiap peserta memiliki waktu 4 jam untuk membuat sebuah poster atau apalah itu dengan diberikan tema tertentu. Saya melihat bahwa desain yang mereka berikan pada lomba itu tidaklah maksimal. Waktu 4 jam terbuang dan mereka masih melakukan kesalahan fatal terutama kesalahan tulis.

Saya tidak mau mengejek, tetapi kita harus melihat ini dengan bijaksana. Terkadang karena kita mengetahui filter-filter di photoshop atau bisa menggambar dengan corel tidak lantas membuat kita melupakan arti desain sebenarnya. Bagi saya itu adalah alat bantu. Saya selalu berusaha mempelajari desain dari tingkat yang paling dasar. Karena saya memfokuskan pada desain karakter dan konsep maka saya mempelajari dari video (youtube) tutorial mengenai komposisi dan lain-lain, bahkan terkadang saya malu karena saya mempelajari dari teknik milik orang lain. Tetapi itulah yang kurang dari desainer sekarang. Teknik mereka tinggi tapi dasarnya kurang. Bahkan sampai sekarang saya masih merasa belum pantas untuk disebut desainer.

Masih banyak yang perlu saya pelajari. Masih banyak yang perlu saya kuasai. Melihat dari lomba itu, saya kembali dipertemukan dengan diri saya yang lain. Yang merasa sudah berada di puncak, dan kini saya harus mulai dari bawah lagi. Mempelajari hal-hal kecil yang membuat saya lebih baik dari saya yang sebelumnya. Belajar menggambar dari titik menjadi garis menjadi bidang. Bukankah itu yang membuat manusia semakin bercahaya?

ttd

furiku88

 

membuat outline kasar. #tknfrkdraw

Advertisements
  1. October 18, 2010 at 9:22 am

    teteup ya karakter ceweknya maskulin-ala-tekuno-furiku 😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: