Home > ArtWorks > More Sketch

More Sketch

Ah, sudah lama tidak menulis lagi di blog. *Gak peduli* Eh, terserah saya dong mau bilang apa di blog saya. *Sok terkenal* Lah? Memang gak boleh? *Labil lo!* Ya gak usah sewot gitu dong! *Lah elo kayak anak alay gitu!* Emang lo kenal gue? *Gampang! Satu kata, LOSER!* Aaargh! You know me so well. (joget-joget sok ganteng)

Tolong jangan dihiraukan perbincangan di atas.

Belakangan ini saya jarang menulis di blog ini, biasalah masalah mahasiswa sok sibuk. Nanti kalau saya sering update blog dikira mahasiswa nganggur, nanti saya malu, nanti saya tidak mau lagi ketemu sama kamu, nanti terputuslah tali silaturahim kita. Walau begitu, saya selalu menyempatkan diri untuk menyegarkan otak. Saya tidak memilih meditasi, karena saya sudah terlalu jago dalam menerapkan teorinya di tidur siang. Saya lebih memilih menghabiskan waktu di depan komputer bersama mouse pen merek genius (Ya, saya terlalu sayang duit untuk membeli wacom, dan saya menyesalinya). Bagi saya menggambar bisa menjadi jalan keluar dari kejenuhan. Walau terkadang malah menambah kerunyaman, terutama jika hasilnya tidak sesuai dengan keinginan.

Saya termasuk orang yang tidak betah menggambar satu karakter berulang-ulang walau dalam berbagai posisi. Menyebabkan cita-cita jadi komikus adalah angan-angan angin-angin. Saya lebih suka menggambar bebas, sesuka saya, sesuai mood saya. Itulah yang saya lakukan di hari yang basah ini (hujan, tolong berhentilah sejenak demi kelancaran koneksi internet saya).

Work In Progress

Atau disingkat WIP, adalah rangkaian hasil sebelum menjadi hasil….apa? Maksud saya, di sini akan ditunjukkan bagaimana saya membuat karya saya secara runtut. So, ready your pencils, wacom, mouse pen, or pen!

Rough Sketch
Sketsa yang benar-benar kasar (mungkin waktu muda dia tidak suka pakai body lotion), biasanya saya menghabiskan banyak waktu di sini. Ini termasuk dalam proses brainstorming. Biasanya saya sering membuat hanya untuk melihat suatu pose enak dilihat atau tidak. Bagi saya, proses ini sangat menyebalkan sekaligus mengasyikkan, dan percayalah imajinasi membutuhkan usaha agar menjadi nyata walaupun hanya dalam bentuk sketsa.

Nude Sketch


Oke, saya tidak tahu apa yang di pikiran kamu, tapi I’m not a pervert!…maybe little…but I think it’s normal. Kenapa tidak langsung dikasih baju? Karena anomali proporsi tubuh lebih jelas terlihat kalau dalam kondisi nude. Di sini sketsa kasar di”bersihkan”. Biasanya saya mulai menambah dan mengurangi bobot karakter. Proses ini bisa membawa kita kembali ke tahap rough sketching jika kita menemukan anomali. Saya merekomendasikan supaya tidak melanjutkan ke tahap berikutnya sampai merasa puas dengan hasil yang didapat di tahap ini. Gunakan sense kita sebagai manusia, dan kita dengan mudah bisa melihat keanehan dalam proporsi maupun lainnya.

Line Art

Proses terakhir dalam pembuatan sketsa kali ini. Saya menambahkan baju, dan aksesoris berupa kacamata. Bersihkan garis-garis yang tidak diperlukan, perbaikan bobot juga dapat dilakukan tetapi usahakan jangan terlalu banyak. Hal lain yang bisa dilakukan adalah rendering, yaitu menambah tekstur, kerutan, pola, bayangan dan lain-lain. Intinya menambah detail dari sketsa yang dibuat.

No secret technique?

Well, you should just open the dragon scroll then (watch Kung Fu Panda!). Saya membuatnya di photoshop CS 3 dengan mouse pen dan satu jenis brush yaitu Soft Round. Tidak ada teknik khusus, hanya paling masalah proporsi selalu ingatkan dirimu akan aturan tinggi badan = 6.5 – 7 kali tinggi kepala, dan…ah kamu carilah di buku-buku menggambar untuk anak-anak. HAVE FUN!

ttd

furiku88

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

