Home > ArtWorks, Zero Ground > I Don’t Want to Lose!

I Don’t Want to Lose!

Rasanya sudah lama sekali saya tidak menggambar selain untuk LunchBox Comedy, tapi saya masih suka melihat karya-karya orang lain.  Oh iya, bagi kalian yang belum tahu, saya akan menjelaskan kepada kalian walau saya tahu kalian tidak peduli tapi saya tetap akan menjelaskan kalau saya tidak selalu menggambar komikstrip. Bahkan saya mulai belajar menggambar dari contoh-contoh gambar manga.

Oh, ini membawa kenangan saya jauh kembali ke jaman saya masih sangat muda dan kecil. Saya ingat sekali pertama kali saya meminta teman saya mengajari saya untuk menggambar. Perlukah saya memberitahu kalau waktu itu saya meminta dia untuk mengajari saya menggambar Son Go Ku dari manga Dragon Ball?  Ah tidak penting, bukan itu yang saya ingin ceritakan.

Saya sangat menyukai gambar-gambar yang beraliran fantasy/manga/sci-fi/comic dll. Saya penggemar gambar, dan ketika saya mulai disibukkan oleh pekerjaan saya, saya mulai kehilangan waktu untuk menggambar. Selain untuk LunchBox Comedy, saya jarang menggambar. Jika saya menggambarpun levelnya adalah level doodle, bukan seperti gambar yang sering saya gambar dulu, yang membuat saya betah duduk berjam-jam hanya untuk menambah garis, bidang, arsiran, tapi saya tidak terlalu menanggapi rasa rindu itu sampai akhirnya…

Saya bosan dan melihat list kawan-kawan saya di facebook dan saya melihat dia, dia di halaman yang dianjurkan oleh facebook untuk saya tambahkan sebagai teman saya. Dia! Bagaimana saya bisa melupakan dia? Saya selalu melupakan orang-oang semasa sekolah saya, saya bahkan tidak bisa menyebutkan 10 teman SMP saya, tapi dia! Saya mengingatnya, karena satu hal, dan satu hal itu adalah gambar.

Saya masih ingat waktu itu kelas 3 SMP, pertama kali saya melihat dia menggambar. Begitu tegas goresan penanya, begitu berani, begitu…ah susah saya jelaskan. Saya dengan sifat kekanakan saya tidak puas, tidak puas akan diri saya, saya ingin lebih hebat dari dia! Itu yang membuat saya terus menggambar selama kelas 3 SMP, di kertas paling belakang buku matematika, di kertas cakaran ulangan matematika, di buku LKS matematika, dan itu membuat saya sadar saya membenci matematika. Saya secara tidak sadar telah menciptakan di otak pikiran saya seorang rival, dan saya kesal ketika gambarnya lebih bagus, dan senang ketika saya bisa sedikit lebih berkembang, dan saya selalu menemukan orang yang saya jadikan rival bahkan hingga kuliah, tapi saya melupakan semua rasa itu ketika bertemu apa itu yang saya namakan pekerjaan saat ini. Hingga pada akhirnya…

Dia muncul lagi. Dia yang waktu SMP selalu saya kejar, dia muncul lagi, dan dia masih menggambar, tidak, dia menjadikan gambar sebagai hidupnya. Sekarang dia menjadi illustrator yang berfokus pada digital illustration, sesuatu yang selama ini ingin saya pelajari seacara serius namun selalu terabaikan. Dia bekerja di media yang sangat saya idamkan, di Game developer, di Comic Industry dan di hal-hal lain yang bagi saya luar biasa, dan saat itu saya marah.

Saya memang kekanakan, saya tahu saya beruntung dengan semua pekerjaan dan lain sebagainya, tapi saya anak kecil yang ingin lebih dan lebih! Saya tidak mau kalah, saya tidak mau tertinggal, saya mau menggambar lagi dan lagi dan lagi! Saya mau melebihinya!

Saya mulai menggambar lagi, saya tahu saya harus mengejar banyak ketertinggalan saya, tapi gambar di atas adalah bukti saya masih bisa menikmati menggambar sama seperti waktu saya pertama kali menggambar karakter Son Go Ku dan semangat itu sudah kembali, dan sekali lagi…

…the battle begins.

N.B : Gambar di atas adalah Sun Go Kong dari cerita Cina “Perjalanan ke Barat”, Saya sangat menyukai karakter ini, entah kenapa.

ttd

Dikki Mahasati

Advertisements
  1. April 17, 2012 at 12:58 pm

    Entah kenapa pas baca post ini tuh rasanya “mak jleebbb…”

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: